Latifah, S.S., M.A.
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 24 August 1977
NIYA
170700-046
NIDN
2924087701
PTKB
STAB Kertarajasa
Alamat Instansi
Jl. Soekarno No. 311 Batu 65322
Tahun Lulus |
Program Pendidikan |
Sekolah Dasar/Menengah |
Penjurusan |
1990 |
SD Negeri Mekarjaya XV |
||
1993 |
SMP Negeri 3 Depok |
||
1996 |
SMA Negeri 1 Depok |
Sosial |
Tahun Lulus |
Program Pendidikan |
PerguruanTinggi |
Jurusan |
2005 |
S-1 |
Universitas Gadjah Mada |
Sastra Indonesia |
S-2 |
Universitas Gadjah Mada |
Studi Agama dan Budaya (CRCS) |
|
2010 |
S-2 |
University of Hawaii at Manoa |
Asian Studies |
Tahun |
Jenis Pelatihan (dalam/luarnegeri) |
Penyelenggara |
Jangka waktu |
2006 |
Religion and Technology |
National University of Singapore (NUS) |
3 hari |
2007 |
Pre-Academic Training |
LBB Universitas Indonesia |
6 bulan |
2008 |
Intensive English |
Hawaii English Language Program |
3 bulan |
2016 |
Igniting Teacher Leadership: How Do I Empower My Teachers to Lead and Learn? |
Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD) |
1 jp |
2017 |
Bimtek Penguatan Dosen Bahasa Indonesia |
Ristekdikti |
10-13 Mei 2017 |
2017 |
Literasi dalam Pembelajaran Bahasa |
Fakultas Sastra UM |
20 April 2017 |
2017 |
Workshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Bidang Kesejarahan bagi Penulis Sejarah |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Sejarah |
28 Februari-3 Maret 2017 |
2018 |
Pelatihan Pelaksanaan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) |
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
9-11 Juli 2018 |
2018 |
Pelatihan Pengisian Data Feeder PD-Dikti |
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
16-18 Juli 2018 |
2019 |
Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional-Applied Approach |
LPPM-Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran Universitas Sebelas Maret(UNS) |
100 jp |
2019 |
Kajian Ekranisasi |
Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang |
5 jp |
2020 |
Writing a Textbook Analysis (Evaluation) Manuscript for Q1 Journal Publication: Practical Tips |
Indonesian Community of Educational Action Researchers (ICEAR), Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Jawa Barat, dan Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
8 jp |
2020 |
Designing Virtual Classroom Research: Towards Post-Pandemic Pedagogy and Research |
Indonesian Community of Educational Action Researchers (ICEAR), Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Jawa Barat, dan Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
8 jp |
2020 |
Generating and Sorting Data in Virtual Classrooms: Doing Qualitative Research in the Virtual Territory |
Indonesian Community of Educational Action Researchers (ICEAR), Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Jawa Barat, dan Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
8 jp |
2020 |
Gender, Globalization, and Cyberspace |
Faultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia |
2 jp |
2020 |
Pancasila dalam Praksis Pembelajaran Sejarah Berbasis Multikultural |
AGSI Prov. Jambi dan Prodi Pendidikan Sejarah UNJA |
2 jp |
2020 |
Pembelajaran Pendidikan Agama untuk Dosen Lintas-Agama dan Kepercayaan di Perguruan Tinggi |
IAIN Manado |
3 jp |
2020 |
Generating and Presenting New Insight in Qualitative Research: Whose Voices are Represented |
Indonesian Community of Educational Action Researchers (ICEAR), Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Jawa Barat, dan Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
8 jp |
2020 |
Systemic Functional Linguistics (SFL) in Critical Academic Writing |
Post-Hallidayan Systemic Functional Linguistics (SFL) Researcher Community |
8 jp |
2020 |
Workshop Critical Thinking or Higher-Order Thinking (HOT) Integration into Language Assessment |
Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
12 jp |
2020 |
Assessing Young Learners Online |
National Geographic Learning |
1 jp |
2020 |
Instructional Design in Classroom-Based Research, Experimental Research, & Design-Based Research |
Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi
|
10 jp |
2020 |
Writing a Short Communication/Brief Report Paper for Journal Publication |
Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
10 jp |
2020 |
Screening and Reviewing Decent Manuscripts: Towards High-Quality Journal Publication |
Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
10 jp |
2020 |
Bimtek Pembuatan Media Pembelajaran |
LPPM Universitas Muhammadiyah Enrekang |
33 jp |
2020 |
Narrative Inquiry in Social and Health Sciences: From Narrative Practice to Narrative Inquiry |
Komunitas Meneliti dan Menulis Banyuwangi |
8 jp |
2020 |
Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan R&D |
LPPM Universitas Pamulang |
8 jp |
2020 |
Model Online lessons |
National Geographic Learning |
1 jp |
2020 |
Pelatihan Penulisan Buku Best Practices dan PTK |
Universitas Ngudi Waluyo, Semarang, dan Solo Teacher Development Institute |
32 jp |
2020 |
Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi Covid-19: Inovasi Teknologi, Riset, dan Pendidikan |
Universitas Mulia |
2 jp |
2020 |
Teaching English as a Foreign Language (TEFL) |
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya |
2 jp |
2020 |
Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Indonesia di Era Kelimpahan |
Jurusan Sastra Indonesia UM |
2 jp |
2020 |
QUALITATIVE RESEARCH METHOD & INTRODUCTION TO NVivo 12 |
Pusat Pelatihan NVivo Indonesia |
8 JP |
2020 |
Etnografi dan Pandemi: Covid-19 dalam Narasi Antropologi Kesehatan |
Kementerian PPN/Bappenas |
2 jp |
2020 |
The Power of Place: Authentic Learning Through Place-Based Education |
Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD) |
1 jp |
2020 |
Sastra Anak dalam Pendidikan di Indonesia |
Prodi PGSD STKIP PGRI Pacitan |
2 jp |
2020 |
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra untuk Anak |
Komunitas Kotamahakam |
2 jp |
2020 |
21st Century Pedagogy: Ways to Develop an Inquiring Mind |
The Center for Language Development UIN Syarif Hidayatullah |
2 jp |
2020 |
Tantangan dan Strategi Peneliti dalam Memajukan Kebudayaan |
Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan |
2 jp |
2020 |
Membuat Lembar Kerja Digital/Online Quiz |
Unika Soegijapranata |
2 jp |
2020 |
Autoetnografi dan Keterampilan Mengajar |
FKIP UPR |
2 jp |
2020 |
How to Publish Open Access with Taylor & Francis |
Taylor&Francis Group-Research Synergy Institute |
1 jp |
2020 |
Strategic Planning Process Using Blended Methodologies in Classroom |
Educarion and Culture Attache of the Embassy of Republic of Indonesia in Manila |
2 jp |
2020 |
Why Religion Matters: Concern Scopes, and Methods in Religious Studies |
Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional, Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, dan Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKIN/PTKIS se-Indonesia |
2 jp |
2020 |
Kelas Intensif Gender dan Poskolonial |
PSG UNU Yogyakarta dan Divisi Litbang PW Fatayat NU DIY |
15 jp |
2021 |
Memaksimalkan Penggunaan Google Classroom untuk Meningkatkan Produktivitas Pengajaran |
HAFECS-Guruinovatif.id |
1,5 jp |
2021 |
Digital Ethnography dalam Kajian Antropologi |
Prodi Antropologi Sosial USU |
2 jp |
2021 |
Professional Development for Learning (PDL): Phases, Practices, and the Pandemic |
Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD) |
1 jp |
2021 |
Diskursus dan Perubahan Sosial: Critical Discourse Analysis Fairclough |
Sekolah Riset Satukata |
32 jp |
Jabatan |
Institusi |
Tahun ....s.d..... |
Wakil Koordinator Bidang Kerja sama Nasional dan Internasional |
Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Malang |
2021-2025 |
Institusi |
Program Studi |
Mata Kuliah |
STAB Kertarajasa |
Pendidikan Keagamaan Buddha |
Bahasa Indonesia, Metode Penelitian II, Kajian Agama-Agama |
Tahun |
Judul Penelitian |
Ketua/ Anggota Tim |
Sumber Dana |
2015 |
Akulturasi Buddhadhamma di Dusun Tendaun: Etnografi Tiga Tradisi Ritual Mareja Timur-Lombok Barat |
Anggota |
Program Bantuan Penelitian Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) Direktorat Jenderal Bimbigan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
2016 |
Analisis Gender dalam Cerita Pendek Buddhis Kontemporer |
Ketua |
Program Bantuan Penelitian Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) Direktorat Jenderal Bimbigan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
2016 |
Air dalam Simbolisme di Pitaka dan Praktik Ekologis Umat Buddha Dusun Sidomuktti, Desa Sidomulyo, Kec. Gambiran, Kab. Banyuwangi |
Anggota |
Program Bantuan Penelitian Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) Direktorat Jenderal Bimbigan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
2018 |
Persepsi Masyarakat Banyuwangi dan Blitar tentang Keharmonisan Beragama |
Anggota |
Program Bantuan Penelitian Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) Direktorat Jenderal Bimbigan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
2020 |
Upaya Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Melalui Pembelajaran Sejarah Kisah Kertarajasa Jayawardhana |
Ketua |
Program Bantuan Penelitian Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) Direktorat Jenderal Bimbigan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
Tahun |
Tema/Judul Pengabdian |
Ketua/Anggota Tim |
Sumber Dana |
2016 |
ANTROPOLOGI SASTRA siswa Kelas XI-IBB MAN 1 Malang melalui Pelatihan untuk Olimpiade Madrasah. |
Ketua |
Mandiri |
2019 |
Pengadaan Sarana Permainan Edukatif Buddhis Sekolah Minggu Buddha Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi |
Ketua |
Mandiri |
Judul |
Penerbit |
Nama jurnal |
Tahun |
MENGIKIS SENTIMEN ANTI-CHINA MELALUI LITERASI MULTIKULTURAL |
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar |
Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya Vol 25, No 3 (2019) Sinta 2 |
2019 |
DAMPU AWANG LEGENDS AND ITS CONTEMPORARY PERCEPTION OF INDONESIAN (JAVANESE) MUSLIM AGAINST CHINESE |
FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya |
Journal of Integrative International Relations (JIIR) Vol. 4 No. 1 (2019) |
2019 |
EVALUASI KEGIATAN INSTRUKSIONAL PENGUCAPAN BAHASA INDONESIA OLEH MAHASISWA MENGGUNAKAN SURVEI DARING [STUDENT EVALUATION OF INSTRUCTION IN AN INDONESIAN LANGUAGE PRONUNCIATION COURSE USING AN ONLINE SURVEY] |
Universitas Pelita Harapan |
Polyglot: Jurnal Ilmiah Vol. 15 No. 1 (2019) |
2019 |
Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) |
Jurnal Pembelajaran Sastra Vol. 1 No. |
2019 |
|
Reflective Learning on the term of 'Mleccha' by the Chinese Buddhist Past for Current Religiosity |
Sangha Agung Indonesia |
Prosiding 3rd Asian Buddhism Connection Conference |
2018 |
PEMELAJARAN MAKNA KATA MELALUI PERCAKAPAN PADA PROGRAM BAHASA INDONESIA DI TIONGKOK |
Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Pasuruan |
Jurnal Ilmiah Edukasi dan Sosial Vol. 10 No. 1 Maret 2019 |
2019 |
PEMBELAJARAN DENGAN PENGALAMAN LANGSUNG DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA DALAM MENULIS KARYA ILMIAH (STUDENTS’ACADEMIC WRITING SKILLS AND SELF EFFICACY THROUGH EXPERIENTIAL LEARNING) |
Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat |
Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa 16 (2) (2019) |
2019 |
READING CONFLICTS, ACHIEVING PEACE DHAMMA IN THE CONTEMPORARY INDONESIAN BUDDHIST SHORT STORIES |
Religion Publisher, Vietnam |
Buddhist Studies: Contemporary Approaches |
2019 |
STRATEGI PENYAMPAIAN CERITA JATAKA DALAM MENANAMKAN NILAI KEBAJIKAN |
Universitas Muhammadiyah Malang |
Prosiding SENASBASA http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra) Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 Halaman 260-264 E-ISSN 2599-0519 |
2019 |
Etika Sosial dalam Puisi Buddhis: Satu Buddha Karya Jo Priastana |
Borobudur Writers and Cultural Festival |
Prosiding Borobudur Writers and Cultural Festival, 21-23 November 2019 |
2019 |
Persepsi Masyarakat Banyuwangi dan Blitart entang Keharmonisan Beragama |
STAB Syailendra |
Jurnal Pencerahan Volume 12 No.1 Th. 2019 |
2019 |
Akulturasi Buddhadhamma di Dusun Tendaun, Mareje Timur Lombok Barat dalam Tradisi Ritual Bedewe, Perowah Gubuq dan Nambong |
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI |
Prosiding Penelitian Dosen PTKB 2016. |
2016 |
Manajemen Sampah dan Dialog Antar-Agama (Gerakan Peduli Lingkungan, Belajar dari Komunitas Vihara Buddha Maitreya) |
Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fisipol, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Forum Komunikasi Ilmu Pemerintahan Indonesia |
Jurnal Studi Pemerintahan Jilid 1 No. 2 Th. 2008 |
2008 |
Performing Qasidah, Transforming Nation: The Institutionalization of Islamic Music, Its Dynamic Development, and the Implications for Gender in Indonesia |
Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada |
Prosiding 2nd International Graduate Students Conference on Indonesia: Multiculturalism, Identity, Self Narration |
2010 |
Menebar Asa Melalui Dana: Pengalaman Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB ) Kertarajasa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Partisipasi Masyarakat |
Alumni International Fellowship Program (IFP) |
Tantangan Global dan Tanggung Jawab Keadilan Sosial |
2016 |
The Role of Children Buddhist Song in Cultivating Moral Values in Buddhist Sunday School |
Universitas Islam Bandung |
Child Well-Being and Child Protection |
2015 |
Film as Media of Religious Dialogue:The Reception of Three Indonesian Contemporary Films”. |
IAIN Salatiga |
Jurnal DINIKA Volume 1, Number 3, September – Desember 2016. |
2016 |
Pergulatan antara Tradisi, Agama, dan Modernitas: Analisis Antropologi Sastra Kumpulan Cerpen Kegelisahan Sang Domba dan Sihir Karya Bhante Don Atthapiyo. |
IATBU |
Prosiding 4th International Conference of the International Association of Theravada Buddist Universities (IATBU) |
2016 |
The Dhamma of Hope: Kertarajasa Buddhist College Experienced in Educating the “Unequal”. |
The National Vietnam Buddhist Sangha & UNDV |
Prosiding International Concil for the Day of Vesak Buddhist Persepective towards Achieving the UN Millenium Development Goals 10th United Nations Day of Vesak |
2014 |
Images of Women in Contemporary Indonesian Buddhist Short Stories |
Sakyadhita |
Images of Women in Contemporary Indonesian Buddhist Short Stories |
2015 |
Mengkaji Art History, Menangkal Hoax Sejarah |
Yayasan Dhammadipa Arama |
Majalah Dhammadipa Arama edisi Asadha puja 2561B.E./2017 |
2017 |
Membangun Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Sastra Religius |
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta |
Prosiding SENASBASA Vol 1, No. 1 (2017) |
2017 |
Persepsi dan Ekspektasi Mahasiswa BIPA Yuexiu di Tiongkok Terhadap Indonesia, Seminar Nasional Kebudayaan |
Prodi Antropologi, FIB, Universitas Brawijaya |
Prosiding Seminar Nasional Kebudayaan, Prodi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, Malang, 7 November 2018 |
2018 |
Penerapan Pengalaman Langsung pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Stab Kertarajasa |
Universitas Muhammadiyah Malang |
Prosiding SENASBASA Vol. 2, No 1 (2018) |
2018 |
Ambiguitas Aruna dan Paradoks Citarasa Lidahnya Poskolonialitas Novel Kuliner Laksmi Pamuntjak. |
Universitas Pendidikan Indonesia |
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 18 No. 2, Oktober 2018 |
2018 |
Memutus Rantai Kebencian dengan Sastra Sejarah Poskolial |
Pusat MPK Universitas Brawijaya |
Buletin Macapat (macapat.pmpk.ub.ac.id) |
2018 |
Pembelajaran dengan Pengalaman Langsung dan Efikasi Diri Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah |
Balai Bahasa Jawa Barat |
Metalingua, Vol. 16 No. 2, Desember 2018 |
2018 |
Season of Invoking Justice -Puisi Asa, Kini, Nanti, dan Cinta dalam Dunia Anak Muda China |
Indonesia Social Justice Network |
Journal of Humanity & Social JusticeVolume 2 Issue 1, 2020 |
2020 |
Fangsheng and Its Critical Discourse on Environmental Ethics in Buddhist Media |
UNHI |
International Journal of Interreligious and Intercultural Studies (IJIIS) Volume 3, Number 1, April 2020 |
2020 |
We Do Not Worship Buddha Images: Buddhist Response to Religious Bullying in Online Media |
Social Science Research Network(SSRN) |
Proceedings of the The 2nd ICS Universitas Mataram International Conference: Countering Radicalism & Terrorism in the Digital Era - Reshaping a Global Peace Community (https://papers.ssrn.com) |
2020 |
Social Justice in the Fiction Series of 'Mata' Okky Madasari for Girl's Education |
knepublishing |
Prosiding 1st World Conference on Gender Studies (WCGS) |
2020 |
https://borobudurwriters.id/resensi-buku/melestarikan-budaya-kekuatan-perempuan-nusantara-kolaborasi-kegigihan-dan-ketulusan-esthi-dan-seruni/ |
2021 |
||
Kertarajasa Buddhist College Inter-religious Learning from the Perspective of Self-Study of Teaching Practice |
UIN Sunan Gunung Djati |
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ktKhazanah Theologia, Vol. 3 No. 2 (2021): 117-130 |
2021 |