Strata Satu

Program PenGABDIAN Masyarakat (PPM)

1. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) oleh Dosen
Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen STAB Kertarajasa merupakan salah satu bentuk keterlibatan (engagement) Perguruan Tinggi untuk untuk tujuan tranformasi sosial. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yakni:

  1. Pembelajaran Masyarakat yakni suatu kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan.
  2. Pendampingan Masyarakat yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra.
  3. Advokasi yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya,   serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak – hak sebagai warganegara.
  4. Pemberdayaan Ekonomi yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pendapatan.
  5. Layanan Masyarakat yakni penyediaan layanan masyarakat seperti layanan keagamaan, kesehatan, mediasi, resolusi konflik, konsultansi (psikologi, keluarga, hukum, pembuatan rencana bisnis, proyek), pelatihan, penelitian, dan lain-lain.
  6. Ujicoba, Adaptasi serta Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis IPTEKS, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan dan penerapan hasil penelitian (action research) ataupun teknologi sederhana untuk mengembangkan potensi dan peluang yang terdapat pada suatu komunitas masyarakat. Misalnya pembuatan alat produksi, pembuatan sistem manaj emen, dll.
  7. Kegiatan sosial yang bersifat karitatif, seperti bantuan untuk korban bencana alam dan sosial.

2. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) oleh Mahasiswa
Program Pengabdian Mayarakat (PPM) oleh mahasiswa STAB Kertarajasa merupakan salah satu bentuk Pra Tugas Akhir yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh pada saat semester VI (enam). Kegitan ini dilakukan secara terpadu di luar kampus di tengah-tengah masyarakat yang telah ditunjuk sebagai tempat PPM. Selama ini STAB Kertarajasa telah melbarkan sayap hingga ke berbagai daerah antara lain: Gerobogan Kabupaten Blora Jawa Tengah, Banyuwangi, Ponorogo, Pait Malang dan Ngadas di tengah masyarakat Tengger. Adapun tujuan dari PPM mahasiswa STAB Kertarajasa adalah:

  1. Mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana/Ahli pembangunan yang berjiwa Pancasila.
  2. Mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan penalaran dan berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggungjawab yang besar untuk masa depan bangsa dan negara.
  3. Melatih mahasiswa dalam kegiatan yang bermanfaat bagi usaha-usaha pembangunan nasional maupun daerah.
  4. menjadikan perguruan tinggi sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyesuaikan dengan kebutuhan pembangunan bangsa masa sekarang dan masa yang akan datang.
  5. mengembangkan tata kehidupan kampus yang memadai sesuai corak keperibadian indonesia.