Strata Satu

Praktik PENGALAMAN Lapangan (PPL)

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program pra tugas akhir yang dilaksanakan oleh mahasiswa (praktikan) yang mencakup latihan mengajar dan tugas-tugas pendidikan secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan guru. PPL bertujuan untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional, yaitu tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu dan tepat menggunakannya di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah.

PPL merupakan bagian integral kurikulum Jurusan Dhamm Acarya (Guru Agama Buddha) STAB Kertarajasa dengan bobot 4 (empat) SKS. Bentuk kegiatan PPL adalah pelatihan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan kependidikan di sekolah. PPL merupakan proses perpaduan antara penguasaan materi pelajaran dan metode pembelajaran, serta antara teori dan praktik. Peserta PPL adalah mahasiswa yang telah memperoleh 60 SKS dan telah lulus mata kuliah Pengajaran Mikro.

PPL dilaksanakan di Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta dalam wilayah  Kota Malang, Kabupaten Malang, dan  Kabupaten Blitar, khususnya pada SD-SMP-SMA yang sebagian siswanya beragama Buddha. Selain itu tempat PPL bagi mahasiswa Samanera dan Atthasilani ditempat di SMP Dharma Putera dan SMA Dharma Putera Tangerang.

PPL dilaksanakan selama 4 (empat) minggu dengan sistem Waktu Penuh (Time Block Sistem), artinya mahasiswa berada di sekolah latihan pada jam-jam belajar setiap hari selama pelatihan berlangsung. Sedangkan pelaksanaan teknis di lapangan disesuaikan dengan kalender pendidikan sekolah.

Sistem Pelaksanaan PPL adalah terpadu dan terbimbing, dengan pengertian mahasiswa dalam melaksanakan berbagai kegiatan PPL mendapat bimbingan dari Guru Pamong, Dosen Pembimbing, dan Kepala Sekolah. Sistem pembimbingan PPL bersifat terpadu dan terarah dengan pola pendekatan supervisi klinis.