About Us

Welcome To STAB - Kertarajasa

Arti Lambang

Secara keseluruhan arti lambang STAB Kertarajasa Batu :

Dengan penuh Bhakti dan cinta kasih STAB Kertarajasa Batu mengembangkan Agama Buddha melalui penerangan Dhamma yang bersumber pada Kitab Suci Tipitaka dan berpedoman pada Dhamma dan Vinaya Sang Buddha untuk melaksanakan Jalan Utama Berunsur Delapan (Hasta Ariya Magga).

  • A. Stupa berwarna merah adalah sebagai lambang Agama Buddha yang penuh dengan cinta kasih.
  • B. Garis – garis yang mengelilingi puncak Stupa berwarna kuning adalah sinar yang melambangkan penerangan Dhamma.
  • C. Tiga undakan di bawah Stua berwarna biru adalah Kitab Suci Agama Buddha, yaitu: Vinaya, Sutta, dan Abhidhamma Pitaka.
  • D. Lingkaran bertuliskan “Sekolah Tinggi Agama Buddha” dan kata “Kertarajasa” yang dibatasi oleh dua bintang melambangkan bahwa STAB Kertarajasa berpedoman pada Dhamma dan Vinaya Sang Buddha.
  • E. Delapan kelopak bunga teratai mengelilingi lingkaran melambangkan Jalan Utama Berunsur Delapan.
  • F. Warna dasar biru melambangkan Bhakti.

Visi & Misi

Visi

Terwujudnya Sumber Daya Manusia Berkualitas, Profesional, dan Religius sesuai Buddha Dhamma

Misi

1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Profesional, dan Religius sesuai dengan Buddha Dhamma.
2.Menjalin Kerjasama dengan Berbagai Pihak untuk Mendukung Penyenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
3.Menyediakan fasilitas dan menciptakan kondisi belajar yang kondusif dalam proses pembelajaran.

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional dan religius sesuai dengan Buddha Dhamma.
2. Menerapkan dan mengembangkan nilai-nilai moralitas sesuai Buddha Dhamma dalam masyarakat.
3. Menghasilkan tenaga pembabar Dhamma yang unggul melalui program Samanera / Atthasilani.

Sejarah STAB - Kertarajasa

  • Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa Batu dulu berawal dengan nama STAB Dhammadipa dikirim pada tahun 2000 oleh Yayasan Dhammadipa Arama dengan Ijin Operasional dari Departemen Agama Republik Indonesia. Setelah 1 (satu) tahun perkuliahan berjalan tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2002 Departemen Agama Republik Indonesia menetapkan Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa dengan status Terdaftar dengan Program Studi Dharma Achariya Nomor: DJ.V/SK/2002 tertanggal 7 Oktober 2002.

    Program Studi Dhama Achariya dibuka dengan harapan STAB Kertarajasa Batu mampu memberikan jawaban kepada masyarakat dan permintaan tenaga pendidik Agama Buddha serta tenaga pembabar Dhamma yang mampu untuk memenuhi tantangan masa depan yang semakin kompleks.

    Watch The Video

    Para pengurus dan dosen yang terdiri dari rohaniawan dan para professional memiliki tekad untuk membimbing, membina dan mendidik para mahasiswa/i agar menjadi umat Buddha yang taqwa, mampu bersaing di dalam mentongsong era globalisasi.

Fasilitas

Laboratorium Agama
Laboratorium Agama
Laboratorium Komputer
Laboratorium Bahasa
Laboratorium Microteaching
Laboratorium Microteaching

Program Pendidikan

Strata 1 : Prodi Dharma Acarya

Visi
Menghasilkan lulusan sarjana agama Buddha Theravada yang religius, profesional, dan berdaya saing tinggi

Misi
1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berkualitas, religius, dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan Melaksanakan kegiatan penelitian untuk mewujudkan visi Program Studi Dharma Acarya.
2. Menerapkan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
3. Melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tujuan
1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Agama Buddha Theravada yang religius, profesional, dan berdaya saing tinggi.
2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Agama Buddha yang memiliki kompetensi professional, kompetensi akademik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
3. Menghasilkan Penelitian yang mendukung pengembangan ilmu Agama Buddha dengan penggunaan teknologi informasi.
4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dengan pengembangan ilmu Agama Buddha menggunakan teknologi informasi.
5. Teraplikasikannya tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui penggunaan teknologi informasi dalam menyelenggarakan pendidikan Program Dharma Acarya yang berkesinambungan, dinamis dan berkualitas.

Strata 1 : Praktikum Laboratorium

Praktik Microteaching
Program Studi Dharma Acarya mempersiapkan Sarjana Pendidikan (S.Pd.) yang berkompeten dalam melaksanakan pengajaran dan tugas kependidikan lainnya. untuk memenuhi kualitas tersebut, STAB Kertarajasa pada Program Studi Dharma Acarya membekali mahasiswanya dengan skil maupun kompetensi sebagai seorang guru yang profesional, religius dan berdaya saing tinggi.

Strata 1 : PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM) - Oleh Dosen

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen STAB Kertarajasa merupakan salah satu bentuk keterlibatan (engagement) Perguruan Tinggi untuk untuk tujuan tranformasi sosial. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yakni :
1. Pembelajaran Masyarakat yakni suatu kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan.
2. Pendampingan Masyarakat yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra.
3. Advokasi yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak – hak sebagai warganegara.
4. Pemberdayaan Ekonomi yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pendapatan.
5. Layanan Masyarakat yakni penyediaan layanan masyarakat seperti layanan keagamaan, kesehatan, mediasi, resolusi konflik, konsultansi (psikologi, keluarga, hukum, pembuatan rencana bisnis, proyek), pelatihan, penelitian, dan lain-lain.
6. Ujicoba, Adaptasi serta Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis IPTEKS, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan dan penerapan hasil penelitian (action research) ataupun teknologi sederhana untuk mengembangkan potensi dan peluang yang terdapat pada suatu komunitas masyarakat. Misalnya pembuatan alat produksi, pembuatan sistem manaj emen, dll.
7. Kegiatan sosial yang bersifat karitatif, seperti bantuan untuk korban bencana alam dan sosial.

Strata 1 : Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) oleh Mahasiswa

Program Pengabdian Mayarakat (PPM) oleh mahasiswa STAB Kertarajasa merupakan salah satu bentuk Pra Tugas Akhir yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh pada saat semester VI (enam). Kegitan ini dilakukan secara terpadu di luar kampus di tengah-tengah masyarakat yang telah ditunjuk sebagai tempat PPM. Selama ini STAB Kertarajasa telah melbarkan sayap hingga ke berbagai daerah antara lain: Gerobogan Kabupaten Blora Jawa Tengah, Banyuwangi, Ponorogo, Pait Malang dan Ngadas di tengah masyarakat Tengger. Adapun tujuan dari PPM mahasiswa STAB Kertarajasa adalah:
1. Mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana/Ahli pembangunan yang berjiwa Pancasila.
2. Mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan penalaran dan berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggungjawab yang besar untuk masa depan bangsa dan negara.
3. Melatih mahasiswa dalam kegiatan yang bermanfaat bagi usaha-usaha pembangunan nasional maupun daerah.
4. menjadikan perguruan tinggi sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyesuaikan dengan kebutuhan pembangunan bangsa masa sekarang dan masa yang akan datang.
5. mengembangkan tata kehidupan kampus yang memadai sesuai corak keperibadian indonesia.

Kuliah online
NAMA MATA KULIAH 1 NAMA MATA KULIAH 2
Modul 1 Modul 1
Modul 2 Modul 2
Modul 3 Modul 3
PELATIHAN MEDITASI DAN PABBAJJA

Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa terus berpacu untuk mewujudkan visi dan misinya untuk menghasilakn Sarjana yang berkualitas, profesional, dan religius sesuai Buddha Dhamma. Mahasiswa STAB Kertarajasa terdiri dari mahasiswa umum dan mahasiswa dengan status Samanera/Atthasilani. Seluruh mahasiswa STAB Kertarajasa diwajibkan untuk mengikuti Pabbajja Samanera atau Atthasilani minimal 1 kali (1 bulan latihan) selama mengikuti perkuliah di STAB Kertarajasa.
Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti latihan Meditasi Vipassana minil 2 kali (masing-masing 10 hari latihan) dan dilaksanakan ketika libur semester. khusus untuk mahasiswa dengan status Samanera atau Atthasilani tetap maka pada saat libur semester akan ditugaskan untuk melakukan bimbingan kepada masyarakat yang ada di daerah.

Contact Info

  • Contact Location

    Jl. Ir. Soekarno No. 311 Batu, Jawa Timur 65322

  • Contact Number

    Phone : (0341) 5025403 | (0341) 594781
    Fax : (0341) 5025403 | (0341) 594145

  • University Timing

    Senin – Jumat Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Follows Us

Follow us On Instagram

we always provide kindness education